OSTEOPOROSIS & ARTRITIS

18 Jun 2014

OSTEOPOROSIS

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang, sehingga kekuatan tulang menjadi sangat berkurang dan mudah patah. Faktor resiko osteoporosis :

a. Bawaan ; jenis kelamin (wanita),  riwayat keluarga, usia diatas 70 th, ras wanita kulit putih, menopause dini (< 45 th), ukuran tubuh

b. Gaya hidup ;  kurang latihan fisik, pecandu minuman keras & kopi, kurang protein, kurang Vitamin D (kurang paparan sinar matahari pagi) & kurang Kalsium, pil KB, konsumsi tinggi protein sehingga keasaman usus meningkat sehingga mengurangi absorpsi kalsium.

 Agar terhindar dari osteoporosis, tidak cukup dengan meningkatkan konsumsi kalsium saja karena peran hormon estrogen guna mempertahankan kadar kalsium dalam darah sangatlah penting.

Saat seorang wanita memasuki usia menopause, terjadi penurunan produksi hormon estrogen yang juga terkait dengan berkurangnya kalsium darah untuk itu tubuh berusaha mencukupi kebutuhan akan kalsium dengan cara mengambil simpanan dalam tulang.

Disaat inilah proses pengeroposan tulang terjadi. Oleh karenanya, selain dibutuhkan suplementasi kalsium, suplemen yang bersifat phytoestrogen juga mutlak diperlukan agar pencegahan Osteoporosis dapat tuntas.

Pada pria, walaupun lebih jarang, Osteoporosis juga ditemukan dan berhubungan langsung dengan menurunnya produksi testosterone sejalan dengan usia yang semakin tua & gaya hidup (merokok, alkohol, kopi, obesitas, kurang olahraga & kurang kalsium). Semakin tinggi kepadatan massa tulang yang dicapai pada usia muda, semakin besar perlindungan terhadap kemungkinan Osteoporosis.

Untuk meningkatkan kepadatan massa tulang tersedia Triflex Capsule, Calsium Softgel, CMP ( Compound Marrow Powder ), Colostrum Nutrient Capsule .

Artritis

Artritis adalah  peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, bengkak pada persendian, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Jenis artritis yang paling sering dijumpai:

1. Osteoartritis, adalah penyakit degeneratif yang dapat timbul karena pertambahan usia dimana sendi terasa nyeri akibat gesekan antar ujung tulang yang disebabkan karena berkurangnya cairan pelumas (cairan sinovial) pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Umumnya menyerang sendi-sendi penopang tubuh, seperti lutut, pinggul, tulang belakang.

 2. Reumatoid Artritis, adalah penyakit autoimun dimana sistem imunitas di dalam tubuh menyerang persendian, dapat terjadi pada semua kelompok umur. Terutama terjadi pada sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku dan lutut.

 

 

3. Gout (Asam Urat),  biasanya menyerang jari-jari kaki terutama ibu jari. Tetapi dapat juga menyerang sendi lainnya. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar asam urat dalam darah sehingga terjadi penimbunan kristal asam urat pada sendi.

Osteoartritis dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, jaga berat badan ideal, kurangi penggunaan sepatu hak tinggi dan konsumsi suplemen yang mengandung glukosamin atau kondroitin.

Untuk masalah gout batasi makanan yang kaya akan purin misalnya jeroan (kikil, babat, usus, ati, dan ampela), makanan laut, kacang-kacangan. Perbanyak minum air putih. Untuk membantu mengatasi masalah peradangan pada sendi tersedia Triflex Capsule, Calsium Softgel, CMP ( Compound Marrow Powder ), Colostrum Nutrient Capsule.



Copyright © 2014 herbal-alami.com. All rights reserved